Cara Menjaga Kesehatan Otot Bagi Lansia

Bagi orang lanjut usia, menjaga kesehatan otot menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Ini dikarenakan otot adalah salah satu jaringan penting dalam tubuh manusia. Jika otot lemah maka organ-organ lain dalam tubuh pun bisa ikut melemah.

Adapun, sebetulnya anda harus menjaga otot dan juga organ organ tubuh lainnya dari masa muda. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin dan mengkonsumsi makanan makanan yang sehat.

Namun, jika anda terlanjur tidak melakukan itu dari masa muda, tidak ada untungnya anda merutuki diri. Lebih baik anda memulai pola hidup sehat mulai dari sekarang daripada tidak sama sekali.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan otot. Semoga bermanfaat untuk anda para pembaca sekalian.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Otot Bagi Lansia?

  1. Pola Hidup Sehat

Cara pertama yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan otot bagi lansia adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan menghindari makanan-makanan berlemak dan gula.

Diketahui makanan yang banyak mengandung gula dan lemak tidak baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya bisa juga mengganggu fungsi otot dalam jaringan tubuh.

  1. Olahraga Ringan

Bagaimanapun otot harus digerakan agar ia tidak kaku dan juga menyebabkan kram. Anda bisa berjalan jalan santai di pagi atau sore hari di sekitar rumah.

Usahakan tubuh anda bergerak setiap harinya meskipun itu hanya beberapa menit saja. Dengan berjalan kaki diharapkan tubuh dan otot anda akan rileks sehingga nantinya dapat berfungsi secara normal.

  1. Minum Susu

Hal lain yang dapat dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan otot tubuh adalah dengan mengkonsumsi susu secara rutin. Di pasaran banyak sekali jenis susu yang dikhususkan untuk para lansia.

Adapun, dibeberapa jenis susu biasanya memah sudah terkandung zat zat yang membantu untuk mempertahankan kekuatan otot dan juga tulang.

Untuk anda yang ingin hidup tetap bugar dan juga sehat, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi susu secara rutin. Namun, untuk melakukan itu tentu saja anda harus mempertimbangkan faktor-faktor kebutuhan lain ya.

 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.