Hasil Liga Champions, Jadi Pahlawan Dadakan Chelsea, Lampard Terpesona Kinerja Hebat Giroud

Pelatih Chelsea, Frank Lampard memuji dampak instant yang diberikan Olivier Giroud dalam kemenangan melawan Rennes pada ajang Liga Champions, Rabu (25/11/2020) dinihari tadi. Berlangsung di Roazhon Park, Giroud yang baru masuk pada babak kedua menjelma sebagai pahlawan dadakan kemenangan timnya. Sundulan brilian yang dilakukan Giroud pada masa babak tambahan waktu babak kedua mengunci kemenangan Chelsea atas Rennes.

Chelsea akhirnya keluar sebagai pemenang setelah menyudahi perlawanan dari tuan rumah dengan skor akhir 1 2. Dalam laga tersebut, Chelsea sempat membuka keunggulan lewat gol ciamik yang diciptakan oleh Callum Hudson Odoi pada menit 22. Rennes sempet membuka asa mendulang satu poin setelah Sehrou Guirassy menyamakan skor pada menit 85.

Sebelum akhirnya Chelsea mencetak gol kemenangan lewat Olivier Giroud pada penghujung laga. Menyikapi dampak instan yang diberikan oleh Giroud dalam permainan Chelsea, Lampard memuji kinerja pemain Timnas Prancis tersebut. "Dia melakukan hal hal seperti yang dia lakukan malam ini, dia sungguh hebat," puji Lampard kepada Giroud, dilansir laman resmi UEFA.

"Bukan hanya gol yang ia ciptakan ketika dia masuk tetapi permainan menahan bola dan fisiknya,". "Dia akan mendapatkan menit bermain karena jumlah pertandingan," tukasnya menambahkan. Lebih lanjut, Lampard memandang gol kemenangan yang dicetak Giroud merupakan hasil kerja keras dari sang pemain dalam setiap latihan.

Meskipun hanya menjadi pilihan ketiga, Giroud selalu mampu tampil ciamik ketika dipercaya bermain di atas lapangan. "Anda bisa melihat reaksi terhadap gol yang ia ciptakan, bukan hanya karena itu adalah kemenangan yang terlambat," ujar Lampard. "Itu menunjukkan apa yang telah ia lakukan selama berhari hari dan apa artinya bagi tim," .

Juru taktik asal Inggris itu juga merasa senang melihat timnya sudah memastikan satu tiket melangkah ke babak 16 besar Liga Champions. Padahal masih ada dua laga sisa penyisihan grup, tapi Chelsea sudah dipastikan lolos bersama Sevilla. "Saya sangat senang bisa lolos dengan dua pertandingan tersisa," tutup Lampard.

Kemenangan tipis itu memang sudah cukup membawa Chelsea memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions. Pasukan Frank Lampard kini telah mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan yang telah dilakoni. Sebuah perolehan poin yang dipastikan sudah tidak bisa dikejar oleh Rennes dan Krasnodar.

Chelsea yang bertindak sebagai tim tamu mencoba mengambil inisiatif serangan pada awal pertandingan, tujuan utamanya agar bisa mencetak gol cepat. Kekompakan pemain tuan rumah sejauh ini berhasil meladeni permainan dari Chelsea. Ada peluang bagus yang didapatkan Werner hanya saja ia belum mampu mengkonversikannya menjadi sebuah gol.

Penguasaan bola yang dimainkan oleh Chelsea lebih banyak bergulir di sisi kiri penyerangan, dengan Chilwell menjadi pusat permainan. Para pemain Rennes terlihat cukup percaya diri memainkan si kulit bundar, apalagi Camavinga yang menjadi jenderal lini tengah tim. Duet palang pintu pertahanan Chelsea yang diisi oleh Silva dan Zouma cukup solid dalam menghalau setiap serangan tuan rumah.

Belum ada satu pun peluang berbahaya yang diciptakan ketika laga memasuki 10 menit awal pertandingan. Tempo permainan kedua tim terlihat berjalan dengan cukup cepat, namun bola banyak bergulir di lini tengah tim. Werner yang ditempatkan beroperasi di sisi sayap beberapa kali melalukan umpan yang tidak menemui sasaran kepada rekan setimnya.

Secara bergantian pemain asal Jerman itu saling mengisi posisi tersebut dengan Tammy Abraham. Gol yang ditunggu oleh Chelsea akhirnya tercipta setelah Callum Hudson Odoi mencetak gol pembuka pada menit 22. Berawal dari umpan ciamik dari Mason Mount, Hudson Odoi yang berlari cepat mampu menerima assist dari rekan setimnya itu.

Tanpa berpikir lama dan tak ingin menyia yiakan peluang, pemain bernomor punggung 20 itu menceploskan bola ke jala gawang tuan rumah. Unggul satu gol membuat semangat para pemain Chelsea semakin meningkat guna menggempur pertahanan Rennes. Hanya saja daya juang yang diperlihatkan para pemain Rennes juga patut diapresiasi.

Peluang emas didapatkan Mount ketika menerima bola dari Chilwell. Peluang emas dari pemain Timnas Inggris itu gagal berbuah gol setelah kiper tuan rumah melakukan penyelamatan gemilang. Rennes mendapatkan peluang emas perdananya setelah bola yang diseberangkan lewat sisi kiri hampir menemui sasaran.

Sayang, bola sepakan dari Benjamin Bourigeaud melambung di atas gawang Chelsea. Performa Mendy di bawah mistar gawang Chelsea terlihat juga cukup solid. Beberapa peluang yang diciptakan oleh para pemain tuan rumah berhasil dihentikan secara gemilang oleh pemain asal Senegal itu.

Hingga babak pertama berakhir, Chelsea mampu mempertahankan keunggulan satu gol atas Rennes. Ketika babak kedua dimulai, intensitas permainan yang dimainkan Rennes cukup meningkat pesat. Ambisi tim tuan rumah untuk menyamakan kedudukan memaksa Chelsea perlu waspada terhadap gelombang serangan Rennes.

Berbagai variasi serangan coba dimainkan oleh Rennes guna membuka gol sekaligus menyamakan skor. Chelsea juga tak kalah garang dimana duet Abraham dan Werner beberapa kali memiliki peluang bagus untuk menggandakan skor. Hingga pada akhirnya kesolidan lini pertahanan Chelsea dan kegemilangan Mendy harus buyar setelah tim tuan rumah berhasil mencetak gol penyama kedudukan.

Sosok Sehrou Guirassy menjadi aktor dibalik kegagalan Chelsea menyegel kemenangan setelah gol sundulannya menjebol jala gawang tim tamu pada menit 85. Chelsea akhirnya mampu mengunci kemenangan setelah Giroud yang baru masuk pada babak kedua mencetak gol Chelsea yang kedua. Chelsea pun berhak memenangkan laga dengan skor 1 2 melawan Rennes di kandang lawan.

Kemenangan itu membawa Chelsea lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini. Alfred Gomis (GK); Hamari Traore, Damien Da Silva, Gerzino Nyamsi, Adrien Truffert; Benjamin Bourigeaud, Steven N'Zonzi, Eduardo Camavinga; Jeremy Doku, Sehrou Guirassy, James Lea Siliki Edouard Mendy (GK); Cesar Azpillicueta, Kurt Zouma, Thiago Silva, Ben Chilwell; Mateo Kovacic, Jorginho, Mason Mount; Callum Hudson Odoi, Timo Werner, Tammy Abraham

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.