Mesin Fotocopy Mini Untuk Rumahan dan Usaha Kecil

Semenjak pandemi COVID-19 melanda negeri ini sebagian besar aktivitas kantor dan anak sekolah melakukan kegiatan di rumah secara daring.  Sebagian besar para ibu-ibu yang memiliki anak pasti merasakan betapa repotnya sang anak belajar di rumah, karena tidak jarang guru memberi tugas secara online yang harus dikerjakan secara online juga.

Padahal anak-anak memang tidak disarankan untuk menatap layar hp atau komputer sepanjang hari, karena akan mengakibatkan berbagai kerusakan mata dari radiasi yang dipancarkan oleh gawai tersebut.

Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, ada beberapa cara untuk anak tetap belajar dan mengerjakan tugas dengan nyaman tanpa harus menggunakan layar gawai sepanjang hari. Yaitu dengan mencetak tugas dan latihan mereka di atas kertas menggunakan mesin fotocopy mini.

Dengan begitu sang anak boleh saja berlama-lama di depan tugasnya, bahkan bisa di coret-coret. Tidak perlu menggunakan kertas baru, kertas bekas yang masih layak pakai juga bisa digunakan.

Nah, kalau di toko ATK seringnya kita melihat mesin printer berupa mesin fotocopy dengan ukuran yang nyaris menyerupai mesin cuci, bahkan mungkin lebih besar. Sungguh tidak mungkin benda ini ada di rumah, kecuali memang punya usaha ATK di rumah. Jadi, mesin fotocopy mini yang sesuai dengan kebutuhan untuk rumahan menjadi jawabannya.

Mesin fotocopy mini juga banyak jenisnya, beberapa diantaranya yang pernah saya temui di kantor pribadi, usaha kecil, rumahan memang memiliki ukuran yang sesuai, tidak seperti di toko ATK pada umumnya. Seperti kyocera, canon, epson, dan lain sebagainya.

Nah, agar kamu tidak bingung memilih mana yang sesuai ukuran dan kebutuhan yuk simak beberapa mesin fotocopy mini yang cocok untuk rumahan dan usaha kecil di artikel ini. Siapa tahu kamu tertarik untuk membelinya, berikut ulasan beberapa mesin fotocopy mini yang cocok untuk di rumah maupun usaha kecil:

Kyocera 2040

Diantara beberapa printer toner, Kyocera merupakan produk yang cukup banyak digunakan di berbagai tempat seperti kantor pribadi hingga rumahan, ukurannya yang berbentuk kotak dengan tinta dari toner hitam, seperti mesin fotocopy pada umumnya. Memiliki kecepatan print hingga 24 lembar per menit.

Untuk harga mesin fotocopy mini dengan merk Kyocera ini dibandrol dengan harga Rp.5 jutaan.

Canon iR 1024

Selanjutnya dari merek printer yaitu Canon, merek ini sebenarnya sudah lama sekali mengeluarkan produk pencetak kertas dengan berbagai tipe. Salah satunya yang dapat digunakan sebagai mesin fotocopy mini adalah tipe iR 1024.

Mesin yang memiliki kecepatan cetak 24 lembar per menitnya ini dapat mencetak berbagai tipe ukuran kertas, lengkap dengan fitur print, copy dan scan. Harganya lebih mahal dari yang sebelumnya yaitu Rp. 10 jutaan.

Jika dipikirkan kembali worth it gak sih punya peralatan seperti ini di rumah? Bagi yang memiliki anggota keluarga yang produktif tentu saja alat seperti ini sangat berguna, karena pada dasarnya sejak SD sampai Kuliah pun beberapa perangkat pembelajaran memang memerlukan dokumen cetak dibanding berbentuk softcopy.

Tidak hanya di kalangan sekolah, dunia perkantoran urusan dokumen juga memerlukannya, untuk ketahanan dan kekuatan jangan diragukan lagi alat ini sungguh dapat bertahan bertahun-tahun lamanya. Jika punya kesempatan kamu bisa memanfaatkannya sebagai usaha cetak dokumen di rumah.

Kalau sudah punya mesin fotocopy di rumah sendiri, pastikan kamu merawatnya agar tetap awet ya. Sayang kan kalau sudah beli mahal-mahal tapi tidak dirawat dengan baik. Lewat artikel ini juga saya bagikan beberapa tips merawat mesin fotocopy ini.

Permata pembersihan mesin fotocopy bisa dimulai dari bagian luar mesin, pakai kain yang memiliki permukaan halus untuk membersihkannya, pastikan tidak ada kotoran dan debu, serta benda-benda kecil seperti isi staples, klip kertas, dll.

Jangan sampai ada kertas yang tersangkut, pakailah tinta/toner dengan kualitas terbaik.

 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.